Pesona Bukit Kampung Ayapo Sentani Jayapura. Destinasi Untuk Berburu Sunset

Table of Contents

 


Traveladvisor.ID -- Bukit Kampung Ayapo Sentani memiliki banyak keindahan alam. Danau Sentani dan lingkungan alam yang masih asri menjadi daya tarik tersendiri.




Masyarakat juga percaya bahwa Bukit Kampung Ayapo adalah tempat terbaik untuk menikmati sunset atau matahari terbenam di ujung danau karena mereka dapat menenangkan pengunjung.




Apa lagi yang bisa Anda lakukan setelah sehari yang menguras pikiran dan energi?
Pengunjung dapat bersantai dan menghabiskan sore hari bersama teman dan keluarga di lokasi yang sangat strategis. Bagaimana saya bisa pergi ke Bukit Ayapo? Bukit Ayapo berada di Sentani, Jayapura. Ke Dermaga Kalkhote dan ojek danau dari pusat Sentani.



Kampung Ayapo dekat dengan Dermaga Kalkote.

"Lokasi yang kami sediakan untuk pengunjung, salah satunya di jembatan depan Obhe, tetapi kalau ingin melihat sunset bisa juga dari atas Bukit Pipa. Kami namakan Bukit Pipa karena di sana ada pipa. Di atas bukit akan lebih indah," kata Jhony Ehaa, seorang pemuda dari Kampung Yakonde.




Wisata hutan jati, yang terletak tidak jauh dari kota, adalah salah satu tempat lain yang harus dikunjungi selain keindahan sunset.



Hutan pohon jati di tempat ini sangat sejuk saat siang hari. Menurut Johny, rencana mereka adalah untuk membuat jalan dan beberapa tempat duduk agar pengunjung dapat bersantai.



Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, pemerintah Kampung Adat setempat juga mempertimbangkan sektor pariwisata. Sebenarnya, anggaran telah disediakan untuk membangun jalan raya yang akan membawa Anda ke dua tempat wisata di atas bukit Kampung Ayapo.



Kepala Kampung Ayapo, Lewi Puhili, menyambut KMAN VI dengan mengatakan, "Untuk tahun ini, anggaran kita alokasikan untuk kegiatan Kongres Masyarakat Adat Nusantara, kami pemerintah kampung sangat mendukung karena tentu akan berdampak pada perekonomian masyarakat."


5 Keunikan Menakjubkan dari Danau Sentani Papua

Sebagian besar pengunjung, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri, ingin melihat Papua sebagai tempat wisata. Keindahannya yang masih memukau dan alami telah menarik orang dari seluruh dunia. Oleh karena itu, jika Anda melewatkannya, sangat disayangkan jika Anda menganggap diri Anda sebagai penduduk asli Indonesia. Ada banyak lokasi lain di Raja Ampat yang tetap menarik. Salah satunya adalah Danau Sentani di Kota Jayapura. Tempat wisata ini tidak hanya menarik untuk dikunjungi, tetapi juga merupakan lokasi Festival Danau Sentani. Apa yang membuat danau ini menarik dan indah? Silakan simak diskusi lengkap di bawah ini.


1. Beberapa Pulau Kecil Di Dekat Anda

Danau Sentani sudah memiliki pemandangan yang indah. Selain itu, danau memiliki kumpulan lebih dari 22 pulau yang masing-masing memiliki pemandangan yang luar biasa. Bayangkan saja bahwa Anda akan melihat banyak pemandangan alam saat mengunjungi pulau-pulau ini. Anda bahkan dapat menyewa perahu motor dari orang-orang di daerah tersebut. Beberapa pulau bahkan menawarkan penyewaan kamar jika Anda ingin menghabiskan malam di sana. Sebuah suasana danau yang sejuk akan menenangkan pagi Anda.

2. Kampung Yoboi Penuh Warna

Kampung Yoboi menawarkan pengalaman budaya selain keindahan alamnya. Sebagian orang percaya bahwa desa di atas air danau ini memiliki tanaman sagu terbesar di Indonesia. Anda tidak hanya akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan orang-orang di sekitar Anda, tetapi Anda juga akan menemukan cara unik mereka menghiasi rumah dan fasilitas umum. Salah satu yang paling mencolok adalah jembatan kayu utamanya yang berwarna-warni.


3. Banyak Bukit Menawan

Selain itu, bukit-bukit hijau yang mencuri mata dari jauh mengelilingi danau ini. Bukit Teletubbies adalah nama bukit hijau yang luas dan bergelombang ini. Jika Anda tiba di lokasi pada sore hari, permukaan danau menjadi lebih indah karena keindahan senja yang membiaskan warna rerumputan. Pastikan Anda membawa semua kebutuhan mendaki dasar dan perlengkapan mendaki jika Anda ingin mencapai puncak bukit dengan mudah. Anda dapat melakukan perjalanan yang sederhana tetapi penuh dengan kenangan tentang keindahan alam jika Anda datang bersama teman.






4. Beberapa Spesies Ikan Asli
Karena perairan yang tenang, Danau Sentani memiliki keanekaragaman hayati yang sangat kaya. Bagaimana hasilnya? Banyak spesies biota air tawar yang luar biasa ditemukan di perairan ini. Bahkan Anda mungkin melihat empat spesies ikan yang tinggal di Danau Sentani jika Anda beruntung. Keempat jenis ikan gabus yang ditemukan di Danau Sentani adalah Oxyeleotris heterodon, ikan pelangi Sentani (Chilatherina sentaniensis), ikan pelangi merah (Glossolepis incisus), dan hiu gergaji (Pristis microdon). Beberapa jenis ikan sudah punah. Oleh karena itu, jika Anda menemukannya, berhati-hatilah untuk tidak mengambilnya.




5. Berbagai Seni Lukis Lokal
Seperti yang disebutkan sebelumnya, banyak pulau di sekitar danau ini menawarkan banyak daya tarik. Pulau Asei adalah salah satu pulau yang sangat menarik karena tidak hanya memiliki pemandangan yang indah tetapi juga menjadi pusat seniman di mana Anda dapat membeli dan menjual karya mereka. Kulit kayu khas Papua dilukis dengan indah oleh seniman di Pulau Asei. Fauna Papua yang terkenal dan berbagai kombinasi spiral yang penuh arti adalah motif yang sering ditemukan di sana. 








Parade di Danau Sentani


Atraksi terakhir di Danau Sentani adalah Festival Danau Sentani, yang diadakan hanya sekali setahun. Ini adalah upaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir sambil mempertahankan nilai budaya dan kearifan lokal. Pelarangan menangkap ikan berlaku selama beberapa hari sebelum rangkaian acara ini dimulai. Mereka akan diperbolehkan kembali bersama menjelang upacara adat. Danau Sentani adalah tempat yang unik di mana Anda dapat menyaksikan proses menangkap ikan.




Selama upacara adat ini, tarian Papua tradisional akan ditampilkan di atas perahu. Tari Isosolo, yang dimainkan di atas perahu ini, adalah tarian perang yang penuh semangat. Selain itu, ada penobatan kepala adat Jayapura, yang terdiri dari lima kepala suku atau Kose. Anda tidak hanya akan memiliki kesempatan untuk menyaksikan acara budaya, tetapi juga akan memiliki kesempatan untuk mencicipi berbagai macam makanan khas Papua. Itu menarik, bukan?

Danau Sentani adalah salah satu dari banyak lokasi wisata yang masih sangat indah di Papua. Memutuskan untuk menghabiskan liburan di Danau Sentani akan menjadi pilihan waktu yang tepat dan akan meninggalkan kenangan yang tak terlupakan bahkan selama festival berlangsung. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebelum berlibur, termasuk membaca banyak buku. Anda sekarang dapat mengikuti acara terkini di Indonesia dengan mengunjungi situs resmi Indonesia Travel Event.
(*)