Iklan

Iklan Beranda

Berikut ini Merupakan Daftar Daya Tarik Wisata di Jember

Friday, August 9, 2024, 06:16 WIB

 


Kabupaten Jember memiliki banyak tempat wisata, misalnya wisata alam, seperti pantai dan bukit yang menarik wisatawan. Kota ketiga terbesar adalah Jember, setelah Surabaya dan Malang. Anda akan betah tinggal lama di sini karena banyaknya objek wisata alam, pendidikan, seni, dan budayanya.


Diharapkan lambang daun perisai Kabupaten Jember akan menjadi kenyataan karena merupakan simbol keamanan, integritas, dan kejujuran. Dengan demikian, masyarakat dan wisatawan yang datang ke Jember akan dapat merasakan keamanan dan ketenangan.


Meskipun Jember tidak menarik banyak wisatawan seperti Bali, keanekaragaman wisatanya membuatnya patut dipertimbangkan sebagai tempat wisata favorit Anda dan keluarga.







Anda tidak akan bingung karena ada banyak tempat yang dapat Anda kunjungi. Selasa, 27 September 2022, Liputan6 akan menyajikan informasi dari Dinas Kebudayan dan Pariwisata Jember serta berbagai sumber tentang tempat wisata di Jember yang dapat Anda coba.









1. Batik yang berasal dari Jember



Motif batik Solo atau Yogyakarta tidak sama dengan batik Jember. Karena Jember adalah salah satu daerah terbesar yang menghasilkan tembakau di Indonesia, daun tembakau adalah ciri khas batik Jember. Selain itu, Anda dapat menemukan motivasi tambahan untuk Batik Jember melalui produk seperti kopi, kakao, JFC, dan egrang tanoker. Anda dapat pergi ke tempat batik Jember dibuat secara langsung, seperti Batik Notohadinegoro atau Batik Rolla, dan membeli batik dan belajar tentang batik, khususnya batik Jember.











2. Desa Pembelajaran Tanoker



"Tanoker" dalam bahasa Madura berarti kepompong. Komunitas belajar tanoker ini berada di Kecamatan Ledokombo, 25 km timur laut Kota Jember. Hampir setiap hari, anak-anak usia sekolah di Kampung Belajar Tanoker memainkan alat musik tradisional seperti jimbe, angklung, karawitan, dan kentongan, serta permainan tradisional seperti egrang dan bakiak. Jika Anda berada di daerah ini, Anda harus melihat festival egrang, yang biasanya diadakan setiap bulan Agustus. Banyak turis asing dan juri internasional datang ke festival ini.











3. Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia



Jika Anda ingin berlibur sambil belajar di Jember, tampaknya Anda tidak boleh melewatkan agrowisata ini. Situs ini berada di Desa Nagosari di Kecamatan Rambipuji, sekitar 12 km dari Kota Jember. Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, yang berdiri sejak tahun 1911, adalah satu-satunya lembaga penelitian kopi dan kakao di Indonesia. Seluas 160 hektar perkebunan kopi, coklat, dan kakao akan memanjakan Anda. Anda juga dapat mempelajari benih, pembibitan, dan bahkan proses pengolahan kopi dan kakao. Setelah Anda belajar semuanya, Anda dapat mencoba membuat minuman, permen, dan ice cream sendiri. Anak-anak pasti akan menyukai agrowisata ini jika Anda mengajak mereka.









4. Pulau Papuma.

Kunjungan ke tempat wisata Jember ini pasti akan memanjakan mata setiap pengunjung. Pantai Tanjung Papuma adalah surga tersembunyi di Jember yang hanya berjarak 45 km melalui hutan dari pusat kota. Pemandangan hamparan pasir putih dan pulau karang di tengah pantai membuat perjalanan Anda tidak sia-sia.











5. Pulau Ulo

Liburan di Jember harus mencakup mengunjungi Pantai Watu Ulo, yang tetap berada di pantai. Pantai tertentu disebut "batu ular" atau "batu ulo" karena tekstur batunya mirip dengan badan ular. Anda dapat menikmati pantai sepuasnya dengan harga Rp10.000. Sekitar 45 menit dari pusat kota dan 40 kilometer dari sana.











Pulau Paseban.

Jika Anda ingin menikmati matahari terbenam romantis di tepi pantai, Pantai Paseban adalah tempat yang tepat. Jika Anda tidak berenang, Anda dapat melihat pemandangan pantai ini dengan menempuh 52 km atau sekitar 60 menit.





Pantai Payangan adalah salah satu dari tiga bagian Pantai Watu Ulo; itu menawarkan pemandangan perbukitan, memancing, dan berkemah, dan cocok untuk penggemar fotografi.





Pantai Puger terkenal dengan pelelangan ikan dan pemandangan indahnya. Anda juga dapat berselancar di sini. Anda mungkin beruntung dapat menyaksikan "Larung Sesaji" yang diadakan oleh masyarakat setempat saat Anda berada di pantai ini.











9. Gunung Tancak



Air terjun ini berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut di lereng Gunung Argopuro. Anda harus menempuh jarak 16 kilometer dari pusat kota Jember untuk mencapai tempat ini. Jika Anda ingin lebih dekat dengan alam, tempat wisata di Jember ini bisa menjadi pilihan yang bagus. Selain pemandangan yang indah, wisatawan, terutama orang asing, dapat mencoba paket trekking yang tersedia.







10. Berlibur ke Kebun Teh Gunung Gambir

Setelah Anda puas dengan banyak tempat pantai dan air di Jember, sekarang saatnya Anda memilih tempat wisata alam lainnya. Perjalanan ke kebun teh ini juga bagus jika Anda ingin tenang. Di kebun teh hijau yang asri, Anda dapat menikmati waktu bersama teman atau keluarga. Selain itu, ada banyak tempat menarik yang dapat Anda gunakan untuk mengabadikan momen dalam foto atau video.











11. Atraksi Alam Simbat

Wana Wisata Simbat menawarkan pemandangan hutan dan pegunungan yang mempesona, yang memungkinkan Anda mengambil foto di berbagai lokasi.











12. Perjalanan Berkebun

Jika Anda ingin menjauh dari hiruk pikuk dan stres kehidupan kerja, Anda dapat menikmati liburan singkat di Wisata Rembangan. Anda dapat menikmati suasana yang tenang, asri, dan sejuk serta indahnya matahari terbit. Dengan fasilitas seperti kolam, aula pertemuan, hotel, tempat makan, dan lainnya, Anda dapat tinggal di tempat wisata ini dengan kicauan burung.











13. Teluk Kekasih

Tempat wisata di Jember ini dikenal sebagai Teluk Love atau Teluk Cinta karena pinggirannya yang berbentuk hati. Anda dapat melihat pemandangan teluk ini dari ketinggian Pantai Payangan.











14. Pulau Nusa Barong

Pulau Jember yang sangat indah di Indonesia disebut Pulau Phiphi. Pulau ini berada di tengah laut dan dikelilingi oleh laut biru yang indah dengan pasir putih. Akan sangat menyenangkan untuk berkunjung ke sini.





15. Kafe Kolong di nomor 15 Jember.



Kafe Kolong Jember adalah tempat wisata unik di Jember yang cocok untuk berkumpul dengan teman dan keluarga. Karena berada di bawah jembatan, tempat tidak kotor atau bau, dan Anda dapat menikmati waktu berbincang dengan nyaman di sini.







16. Taman Botani Sukorambi

Wisata buatan yang terletak di Desa Sukorambi adalah Taman Botani Sukorambi, yang menawarkan pemandangan sawah dan kebun sayur di sekitarnya. Karena banyaknya fasilitas yang tersedia di Jember, tempat wisata ini cocok untuk semua usia. Beberapa jenis kolam adalah kolam renang dan kolam perahu. Anda juga dapat pergi ke perpusatakaan, kebun tanaman herbal, dan mencoba flying fox, antara lain.







17. Taman Diara Kota Jember

Diara Park Jember adalah tempat yang bagus untuk liburan sekolah anak-anak Anda. Hanya 24 km dari pusat Kota Jember, Anda dan anak-anak dapat menikmati liburan dengan konsep berbelanja satu tempat pertama di Jember. Ada area bermain dan kolam renang dengan berbagai ukuran, jadi Anda tidak akan bosan.







18. Karya Patemon

Jika berbicara tentang tempat wisata air di Jember, air yang sejuk dan pemandangan yang indah akan menarik perhatian wisatawan. Pemandian ini, salah satu peninggalan Belanda, hanya berjarak 30 km atau 40 menit dari pusat kota Jember. Anda dapat berenang di air yang sejuk dan menikmati lingkungan sekitar yang penuh dengan perkebunan kopi dan kokoa.







19. Taman Tiara Jember 19.

Jika rekomendasi sebelumnya tentang tempat bermain air di Jember tidak cukup untuk liburan keluarga Anda, tempat ini harus dicoba. Di Tiara Jember Park, Anda dan keluarga Anda dapat menikmati berbagai permainan yang tersedia di sana. Ini termasuk seluncur, bianglala, tora-tora, kuda terbang, menaiki ATV, kereta kencana, bahkan flying fox. Anda dapat menikmati semua itu dengan membayar Rp20.000 untuk tiket masuk.











20: JFC, atau Festival Mode Jember



Di Jember, ada karnaval fashion tahunan yang disebut JFC. Para peserta mengenakan kostum mewah dengan berbagai motif tradisional khas Indonesia. Karena festival ini sangat menarik perhatian masyarakat, 6000 tamu karnaval datang pada tahun 2019. diambil dari sumber lokal.Pada 2019, travel melaporkan bahwa JFC adalah karnaval terbaik di Asia dan peringkat ketiga di dunia, setelah Karnaval Rio de Janeiro, Brazil, dan Karnaval Bunga Pasadena di Los Angeles, Brazil. Melewatkan festival yang luar biasa ini!


Komentar

Tampilkan

Terkini

Wisata

+