Pantai 3 Warna

2 min read

Pantai 3 Warna

Pantai 3 warna merupakan pilihan yang tepat untuk anda yang saat ini mengunjungi kota Malang. Di kota jawa timur khususnya Malang ini memang sudah terkenal akan wisata alamnya. Banyak destinasi wisata alam di kota ini yang salam satunya adalah pantai 3 warna. Pantai 3 warna ini baru saja di buka tahun 2014 yang lalu, namun sudah menjadi  destinasi favorit para wisatawan yang berkunjung ke Malang. Bagaimana tidak, pantai ini memberikan kesan yang berbeda untuk anda yang mengunjunginya.

Dari namanya saja, kita sudah dibuat penasaran dan ingin melihat secara langsung keindahan di pantai 3 warna ini. Ya di pantai ini memiliki 3 warna sekaligus yaitu warna merah, hijau dan juga biru.

Mungkin anda bertanya-tanya, bagaimana bisa sebuah pantai menghasilkan 3 warna sekaligus. Diketahui penyebab perbedaan itu, antara lain, warna merah yang berada di pantai 3 warna ini disebabkan oleh adanya pembiasan cahaya matahari. Seperti yang kita tahu, bahwa cahaya matahari sendiri terdiri dari 7 warna yang berbeda dan pada masing-masang warna memiliki panjang gelombang yang berbeda . semakin panjang suatu gelombang maka semakin kecil kekuatan warna untuk menembus air. Karenanya, warna merah disini berada di kedalaman yang tidak lebih dari 20 meter.

Warna hijau di pantai 3 warna ini dapat terjadi karena beberapa hal seperti pengendapan lumpur dari dasar laut, hingga plankton – plankton dalam jumlah yang cukup besar.

Warna terakhir yang dimiliki oleh pantai 3 warna ini adalah warna Biru. Dan warna biru ini adalah warna laut pada umumnya.

Lokasi Pantai 3 Warna

Alamat : Tambakrejo Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang Jawa Timur

Sebenarnya lokasi Pantai 3 warna ini  tepat berada di area rehabilitasi dan konservasi Terumbu karang, mangrove dan hutan lindung .

Rute Menuju Lokasi

 Untuk menuju Pantai 3 warna, terdapat 2 pilihan  jalur yang anda bisa lewati, tetapi memang yang paling banyak digunakan adalah rute menuju ke arah pantai goa cina .

Jika kita start dari pusat kota malang maka jarak yang akan ditempuh untuk sampai di pantai 3 warna adalah 100 km, sedangkan perkiraan waktu untuk perjalanan kurang lebih 2-3 jam menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Pertama dari pusat kota malang, anda arahkan kendaraan menuju daerah gadang turen, lalu anda dapat mengikuti arah menuju ke pantai sendang biru. Setelah 2 jam perjalanan anda, maka anda akan sampai di pertigaan tambakrejo sumbermanjing . kemudian anda harus berbelok kiri untuk menuju pantai 3 warna . ikuti jalan menuju arah Clungup Mangrove Conversation . disana anda akan menemui banyak petunjuk jalan.

Karena jalan yang sempit, maka untuk anda yang mengendarai roda empat, mobil anda hanya dapat mengantar sampai tempat parkir, sedangkan jika anda menggunakan motor, dapat terus melaju hingga ke posko 1.

Saat kita melanjutkan perjalanan hingga ke posko 2, maka disana barang kita akan di cek satu per satu.

Harga Tiket Masuk dan Biaya Lain

  • Harga tiket masuk Pantai 3 warna sangat murah, yakni hanya RP. 5000
  • Kemudian saat kita mengendarai mobil maka hanya dapat mengantar sampai tempat parkir, untuk menuju posko kita dapat menggunakan jasa ojek sebesar Rp. 5000 – Rp. 10.000 (Tergantung kesepakatan tawar-menawar)
  • Untuk parkir motor, biaya sebesar Rp. 5000
  • Sedangkan parkir mobil sebesar Rp. 10.000
  • Denda sampah sebesar Rp 100.000/ sampah ( karena pantai 3 warna ini masih dalam kawasan konservasi, maka kita dilarang membuang sampah sembarangan. Apabila ketahuan, oleh petugas akan segera menarik uang denda. Oleh sebab itu juga, pengunjung yang mengunjungi pantai 3 warna ini dibatasi )

Wisata Lain dekat Pantai 3 Warna

  1. Pantai Goa Cina

Pantai goa cina ini adalah pantai yang penuh pesona di kabupaten malang, tepatnya di dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo , kecamatan sumbermanjing wetan. Namun seramnya, pantai ini memiliki segudang misteri yang tak banyak orang tahu. Tetapi meski diselimuti misteri, goa cina ini tak pernah sepi akan pengunjung. Cocok untuk kamu yang menyukai perjalanan spiritual.

  • Pantai Clungup

Indonesia memiliki keindahan pantai yang selalu memanjakan mata, salah satunya adalah Pantai Clungup. Salah satu surga tersembunyi di kota malang. Dikatakan tersembunyi karena memang di pantai clungup ini belum banyak pengunjung yang datang. Namun yang sudah pernah berkunjung tak merasa kecewa, bahkan mereka menyebut pantai clungup sebagai “Pulau Raja Ampat ala Malang” . karena ini merupakan kawasan konservasi maka tidak heran jika yang kita temui bukan hanya pantai tetapi juga hutan mangrove yang hijau juga segar. Pantai ini juga sering dijadikan camping ground karena bibir pantainya yang luas dan dipenuhi oleh pasir-pasir yang bersih.

  • Pantai Watu Pecah

Pantai ini diberi nama watu pecah ( batu pecah ) karena banyak terdapat batu karang yang pecah karena terkikis oleh hantaman ombak di pantai ini.

Pantai watu pecah merupakan opsi pilihan kedua ketika kita berkunjung ke pantai 3 warna. Dijamin pantai ini tak akan mengecewakan pengunjung yang datang. Disini terdapat batu karang yang menjulang tinggi yang tak jauh dari bibir pantai dan menawarkan keindahan yang sungguh menawan. Pemandangan ini cocok sekali untuk anda yang menyukai foto dengan memanfaatkan latar belakang laut lepas. Ditambah lagi air laut yang bersih dengan adanya ombak yang tidak terlalu besar yang menjadikan daya tarik sendiri bagi paea wisatawan.

Berikan review anda tentang destinasi wisata ini

Click on a star to rate it!

Tingkat kepuasan / 5. Vote count:

Pantai Mutiara

traveladvisor
2 min read

Pantai Pasir Putih

traveladvisor
5 min read

Pantai Prigi

traveladvisor
2 min read