Pantai Clungup

3 min read

Pantai Clungup
Rate this post

Pantai Clungup merupakan pantai yang disebut-sebut sebagai pulau raja ampat ala malang karena pantai clungup mampu membuat anda terpesona melihat pemandangan yang sangat indah yang diberikan oleh pantai clungup.

Pantai Clungup juga merupakan salah satu pantai yang berada di pesisir pantai selatan dan letaknya di dekat Samudera Hindia. Pantai ini berjarak tidak terlalu jauh dari pusat Kota Malang. Pantai Clungup masuk ke dalam wilayah Desa Tambakrejo, yaitu suatu desa di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Walaupun pantai ini belum popular seperti pantai-pantai lain yang berada di daerah malang, namun pantai ini wajib anda coba saat libur akhir pecan maupun libur panjang.

Pantai ini memiliki panorama yang sangat indah lengkap dengan flora dan faunanya. Pantai Clungup ini cocok untuk berenang dan bermain pasir di bibir pantai karena pasir di pantai ini putih bersih dan halus.. Pantai Clungup juga cocok digunakan untuk aktifitas bermain air lainnya seperti snorkeling.

Lokasi Pantai Clungup

Pantai Clungup berlokasi di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Pantai Clungup merupakan pantai yang searah dengan pantai sendang biru, sehingga jika anda berkunjung ke pantai Clungup jangan lupa untuk mampir juga ke pantai lainnya yang berada tak jauh dari pantai Clungup.

Rute Menuju Pantai Clungup

Untuk bisa sampai ke pantai ini anda harus menempuh perjalanan sejauh 150 km dari kota Malang dan waktu tempuh selama 2 sampai 3 jam. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Dari pusat kota Malang, anda dapat memilih menggunakan jalur yang menuju ke pantai sendang biru lalun saat anda berada di tengah perjalanan anda akan dibantu dengan banyaknya petunjuk arah yang mengarahkan kendaraan anda menuju pantai sendang biru. Anda dapat mengambil jalan ke arah yang menunjukan ke pantai clungup yakni belok kanan kea rah pantai Clungup.

Anda cukup mengikuti petunjuk arah menuju kecamatan Bululawang > kecamatan Turen > Kecamatan Sumber Manjing wetan > pantai sendang biru . setelah berada di pertigaan pantai sendang biru aka nada petunjuk arah yang mengarah ke pantai Clungup. Anda cukup mengikutinya saja.

Harga Tiket dan Fasilitas

Harga tiket masuk ke Pantai Clungup adalah :

  • Tiket Masuk        : Rp. 6.000 per orang
  • Parkir                  : Rp. 3.000 untuk kendaraan roda dua (motor)

        Rp. 5000 untuk kendaraan roda empat (mobil)

Fasilitas yang disediakan di Pantai Clungup sangat beragam berikut fasilitas yang bisa anda nikmati :

  1. Penginapan

Bagi anda yang ingin berlibur dan bermalam di Pantai Clungup, di pantai ini banyak dibangun hotel dengan harga yang bervariasi. Jadi anda tidak perlu khawatir untuk bermalam karena disini banyak disediakan fasilitas yang sesuai isi dompet anda.

  • Tempat Makan

Anda bisa menjumpai banyak tempat makan di dekat area pantai, bahkan anda bisa juga memesan makanan khas pantai ini yang letaknya terdapat di dekat area pantai.

  • Kamar Mandi & MCK

Seusai berenang anda tidak perlu kebingungan mencari tempat untuk membersihkan diri anda karena banyak tersedia kamar mandi di area pantai, biasanya dikenakan tarif 2-5 ribu rupiah untuk mandi dan bilas.

  • Mushola

Di Pantai Clungup ini juga disediakan mushola untuk keperluan ibadah bagi anda yang beragama muslim.

  • Toko Oleh – oleh

Jika anda ingin membawa buah tangan untuk keluarga anda di rumah, di sekitar Pantai Clungup, anda bisa memilih aneka buah tangan yang anda sukai dengan harga yang bervariasi sesuai budget yang anda miliki.

Objek Wisata di dekat Pantai Clungup

Banyak wisata lain di dekat Pantai Clungup yang sayang untuk anda lewatkan.

  1. Pantai Kondang Merak

Berada tidak terlalu jauh dengan Pantai Clungup,Pantai Kondang Merak ini memiliki air yang lebih tenang serta rindangnya pepohonan di dekat bibir pantai. Pantai ini tidak terlalu jauh dengan Pantai Clungup, & Pantai Long Bridge yang berjajar dari timur ke barat. Selain menikmati indahnya pantai Kondang Merak ini, anda juga bisa menikmati kuliner khas yang ada di Pantai Kondang Merak ini dengan harga yang bervariasi namun tetap terjangkau di kantong anda.

  • Coban Kedung Malang

Coban (air terjun) Kedung Malang ini merupakan salah satu obyek wisata yang ada di malang selatan. Air terjun Kedung Malang memiliki ketinggian sekitar 20 meter, air terjun ini juga dikelilingi air terjun kecil di sekitarnya. Di bawah air terjun ini bisa di pakai untuk berenang, namun bagi anda yang tidak bisa berenang di harapkan hati – hati karena kolam di bawah air terjun ini sangat dalam dan curam.

  • Sumber Sirah

Sumber Sirah merupakan wisata sumber air tawar yang berada di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Gondalegi, Kabupaten Malang. Keistimewaan dari wisata ini yaitu pemandangan menakjubkan keindahan ganggang hijau di dasarnya. Siapkan peralatan renang dan kamera yang tahan air untuk berfoto di bawah air ini karena airnya yang sangat jernih membuat Sumber Sirah menjadi wisata hits di kalangan anak muda.

  • Omah Kayu

Omah Kayu ini merupakan tempat wisata yang instagramale. Objek omah kayu ini memang sangat cocok untuk di jadikan background untuk foto anda. Dari sini pengunjung bisa menikmati pemandangan area persawahan dari ketinggian. Omah Kayu sebenarnya merupakan tempat penginapan dengan konsep Rumah pohon. Anda bisa menginap disini dengan budget permalamnya yaitu sebesar Rp. 250.000 – Rp. 300.000, tapi bagi anda yang hanya ingin menikmati sensasi duduk santai di omah kayu ini anda bisa masuk dengan membayar sebesar Rp. 5000 saja.

  • Museum Angkut

Museum yang satu ini memiliki konsep yang berbeda dari museum – museum kebanyakan. Jika museum yang lain menyimpan benda dan barang bersejarah beda dengan museum yang satu ini. Museum ini mengoleksi mobil – mobil tua yang otentik sekali. Mobil – mobil ini berasal dari bermacam macam benua diantaranya Eropa, Amerika dan Asia bisa di temukan di museum yang satu ini.

Pantai Goa Cina

Travel Advisor
3 min read

Pantai Ngliyep

Travel Advisor
2 min read

Pantai Batu Bengkung

Travel Advisor
2 min read