Pantai Klayar

3 min read

Pantai Klayar

Pantai Klayar merupakan salah satu pantai yang terletak di Pacitan JawaTimur. Berlokasi di desa kalak, kecamatan donorejo, kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur, menjadikan Pantai Klayar sebagai pilihan destinasi wisata bagi para turis local maupun asing.

Asal muasal nama Pantai Klayar terdapat 2 versi. Yang pertama adalah bahwa dulu ada Perahu yang diombang- ambingkan ombak danakhirnyaterdampar di pantaiini yang dalam Bahasa Jawa disebut Glayar dan akhirnya diubah menjadi Klayar, adapun versi keduaya itu bahwa Klayar berasal dari Bahasa Jawa yaitu “Klayar-Kluyur” yang mempunyai arti “Jalan-jalan”, karena setiap orang yang datang kesini bertujuan untuk jalan-jalan.

Ada juga mitos yang beredar dikalangan masyarakat yakni keberadaan Karang Bolong yang dikaitkan dengan Perang dunia ghaib antara Penguasa Pantai Cilacap yang ingin menguasai Pantai Selatan, oleh karenanya, Sang Penguasa Pantai Cilacap mengirimkan gelombang besar hingga menghancurkan batukarang yang ada di Pantai Klayar sehingga membuat lubang pada salah satu batu karang tersebut. Dengan adanya mitos ini Pantai Klayar dahulu jarang didekati oleh masyarakat setempat karena gelombang yang besar di pantai ini.

RUTE KE LOKASI

Rute untuk bisa sampai ke pantai ini mempunyai banyak pilihan,

Jika anda dari pusat kota Pacitan akan menghabiskan waktu 1 – 1,5 jam dengan roda 2 dan roda 4 dengan jarak kurang lebih 40 km. Perjalanan ke Pantai Klayar ini melewati Kecamatan Pracimantoro di Kabupaten Wonogiri. Rute menuju kesini tidak terlalu sulit meskipun ada beberapa jalan yang bergelombang dengan tebing dan bukit disebelah kanan dan kiri. Sepanjang perjalanan anda akan melihat wisata-wisata lain yaitu gua-gua. Kawasan ini dikenal dengan wisata 1000 gua tak heran jika banyak sekali gua-gua yang terdapat di daerah ini.

Jika anda dari arah Yogyakarta anda bisa melewati kota Wonosari maupun Gunungkidul. Setelah sampai di salah satu kota tersebut anda melaju kearah timur menuju Pathuk dan dilanjutkan kearah kota Pracimantoro. Kemudian anda harus melintasi daerah Punung, setelah itu anda akan melihat Papan petunjuk arah kelokasi Pantai Klayar.

Setelah sampai anda diwajibkan membeli tiket dengan harga Rp. 10.000 (belum termasuk ongkos parkir), untuk biaya parkir kendaraan roda 2 dikenakan tariff sebesar Rp. 2000 dan Roda 4 sebesar Rp. 5000. Cukup murah dengan suasana pantai yang disajikan.

SUASANA PANTAI KLAYAR

Suasana Pantai Klayar masih alami dan tidak terlalu ramai, meskipun begitu, fasilitas yang disediakan disana cukup memadai seperti kamar mandi dan toilet yang bersih, mushola, serta warung-warung dipinggir pantai klayar yang menyediakan beragam menu untuk pelancong yang datang. Salah satu menu khas disitua dalah Tahu Petis. Namun untuk para wisatawan yang ingin menginap, dipantai klayer ini belum terdapat hotel atau tempat penginapan.. Meski begitu jangan khawatir karena warga setempat menyediakan homestay  bagi para wisatawan yang ingin menginap, lokasinya cukup dekat dengan pantai. Homestay tersebut menyediakan berbagai fasilitas dan dengan harga yang bervariasi mulai dari 100 ribu sampai 200 ribu rupiah.

Keindahan Pantai Klayar langsung terasa ketika memasuki area pantai, hamparan pasir putih kecoklatan serta batu karang yang menjulang cukup tinggi menambah indahnya pemandangan di pantai tersebut. Batu karang tersebutlah yang kemudian dijadikan icon Pantai Klayar. Bukit karang tersebut juga bisa didaki menggunakan tangga beton yang sudah disediakan, letak tangga tersebut berada cukup dekat dengan tempat parkir. Setelah sampai diatas anda akan disajikan dengan pemandangan yang sangat indah, yaitu hamparan laut dengan ombak-ombak yang bergulung dan dipecah oleh batu karang, serta pohon-pohon kelapa yang menghiasi bibir pantai. Jika beruntung, anda bisa melihat indahnya sunset disepanjang garis Pantai Klayar.

YANG UNIK DARI PANTAI KLAYAR

Ada fenomena unik yang terdapat di pantai ini yang membuat minat wisatawan tertarik berkunjung kesini, yaitu Seruling Samudra yang merupakan lubang kecil di balik karang. Ketika air laut pasang, dan juga saat ombak bergulung,  dari lubang tersebut memancarkan air yang menjulang tinggi. Bahkan ketinggiannya bisa sampai 15 meter lebih. Deburan air yang menjulang tinggi tersebut menimbulkan bunyi yang mirip seruling, dari situlah asal muasal Seruling Samudra. Fenomena ini bisa anda lihat mulai dari pukul 09.00-16.00.Namun pengunjung hanya bisa melihat dari jauh dikarenakan sangat berbahaya jika mendekati seruling samudra karena gelombangnya yang besar. Selain itu, dipantai ini juga ada Batu Sphinx, mirip seperti Batu Sphinx yang ada di Mesir, Batu tersebut dinamakan Watu Lumbung oleh masyarakat setempat, konon pada saat tertentu watu lumbung memperdengarkan suara seperti gamelan yang bisa terdengar sampai kewilayah pedesaan. Anda juga bisa naik ketebing tersebut namun tetap harus hati-hati karena tebing tersebut sangat curam. Serta ada pula 3 sumur yang menyimpan mitos masyarakat di daerah tersebut. Sumur pertama adalah sumur yang paling besar menurut masyarakat, sumur ini digunakan untuk memandikan kuda pacuan karena dulu di Pantai Klayar sering digunakan sebagai tempat pacuan kuda. Lalu ada sumur kedua dan ketiga yang diberi nama Sumur Suranyata dan Cindelaras dengan ukuran yang lebih kecil dipercaya oleh masyarakat sekitar memiliki khasiat untuk menyembuhkan dan membawa berkah kebaikan bagi siapa saja yang mencuci muka atau mandi disana. 

Obyek Wisata Di Sekitar Pantai Klayar

Bagi wisatawan yang berlibur ke Pantai Klayar jangan lewatkan juga untuk pergi ke beberapa tempat lainnya yang juga sangat indah dan masih bernuansa alam

  1. Goa Gong

Goa gong adalah goa yang unik dan mempunyai panorama yang indah. Jangan membayangkan goa yang seram dan gelap, karena saat masuk ke mulut goa yang sejauh 300 M, maka pengunjung akan menikmati berada didalam goa ini. Dinamakan goa gong karena didalamnya terdapat sebuah batu yang jika dipukul akan menimbulkan bunyi seperti suara gong yang sedang ditabuh.

  • Goa Tabuhan

Sama halnya dengan goa gong yang terdapat batu yang dibunyikan sebagai gong, namun didalam goa tabuhan ini lebih menakjubkan lagi, karena bebatuannya dapat dibunyikan seperti suara gamelan jawa. Didalam Goa Tabuhan terdapat beberapa ruang yang memiliki nilai magis, diantaranya adalah di ruang pertama terdapat sendang bidadari, kemudian ruang Kristal, marmer, serta ruang kelima adalah ruang yang pernah digunakan untuk konser music.

  • PantaiTeleng Ria

Dipantai Teleng Ria ini, anda dapat menikmati keindahan panorama yang diapit perbukitan, selain itu pantai teleng ria juga dikenal dengan ombaknya yang tidak begitu besar sehingga cocok untuk diarungi oleh para peselancar pemula dan juga sangat aman untuk anda yang ingin berenang atau bermain air laut dipantai teleng ria.

Berikan review anda tentang destinasi wisata ini

Click on a star to rate it!

Tingkat kepuasan / 5. Vote count:

Pantai Mutiara

traveladvisor
2 min read

Pantai Pasir Putih

traveladvisor
2 min read

Pantai Prigi

traveladvisor
2 min read