Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal merupakan salah satu pantai yang berada di Gunung Kidul. Pantai dengan pasir putih serta alamnya yang masih terlihat alami menjadikan Pantai Pok Tunggal menjadi salah satu obyek wisata yang wajib anda kunjungi.

Pantai Pok Tunggal diresmikan pada tahun 2012 oleh pemerintah setempat, yang kemudian makin ramai pengunjung yang datang ke pantai ini untuk menyaksikan keindahan alam di pantai ini. Pantai ini cukup terawat berkat di kelola oleh masyarakat setempat yang sangat menjaga keasrian dan kebersihan pantai ini. Dari pihak pengelola pun tidak segan untuk memberikan sanksi untuk siapa saja yang membuang sampah sembarangan di pantai ini.yakni sebesar Rp. 10.000.

Nama Pok Tunggal sendiri diambil dari Pohon Duras yang tumbuh di pantai tersebut. Pohon (pokok) Duras yang tumbuh hanya tinggal satu oleh sebab itu pantai ini dinamai Pantai Pok Tunggal.

Lokasi Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal ini berlokasi di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Pok Tunggal

Dari Klaten atau Solo

Prambanan – pertigaan Jl Solo-Prambanan – belok kiri menuju Jl Wonosari – Patuk – Hutan Bunder – Gading – Bundaran Tugu BPD –Jl Kyai Legi – Jalan Lingkar Selatan Wonosari – Jl KRT Djojodiningrat – Jl Girisubo – Jl Saptosari – Tepus – Sampai di Pok Tunggal.

Dari Jogja di mulai dari Patuk kemudian bisa mengikuti arah yang sama seperti diatas.

Harga Tiket dan Fasilitas

Harga tiket masuk cukup terjangkau yakni Rp. 10.000 per orang

Biaya Parkir sebesar :

Sepeda Motor Rp. 3000

Mobil               Rp. 5.000

Minibus           Rp. 15.000

Fasilitas di Pantai Pok Tunggal cukup lengkap, anda bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang tersedia di pantai ini. Fasilitas yang tersedia diantaranya adalah :

  1. Penginapan

Sejumlah penginapan sudah tersedia di Pantai Pok Tunggal dengan lokasi yang berdekatan dengan pantai dengan harga yang bervariasi berdasarkan budget yang anda miliki.

  • Tenda Camping

Selain penginapan, jika anda ingin menikmati malam di alam terbuka anda bisa menyewa tenda di pantai tersebut dengan biaya sebesar 60.000 per malam, anda bisa menikmati malam sembari membuat api unggun bersama teman-teman anda.

  • Payung Pantai

Pada saat siang hari dan anda ingin menikmati semilir angin anda bisa juga menyewa Payung Pantai untuk berteduh. Payung yang disediakan cukup besar dan bisa muat untuk 3 sampai 4 orang. Anda bisa menyewa paying ini dengan harga sebesar Rp. 20.000

  • Tempat Parkir

Tempat Parkir yang disediakan di pantai ini cukup luas sehingga saat  liburan tiba anda tidak perlu khawatir kehabisan lahan parkir untuk kendaraan anda.

  • Rumah makan

Setelah asik berenang, anda bisa mencicipi hidangan yang disajikan di rumah makan yang berada di area pantai ini. Banyak sekali menu yang di sajikan, anda bisa menikmati menu tersebut dengan harga yang bervariasi.

  • Mushola

Di Pantai Pok Tunggal juga sudah disediakan mushola untuk keperluan ibadah bagi anda yang beragama islam. Jadi tidak perlu khawatir tidak bisa menunaikan ibadah di Pantai Pok Tunggal ini.

Objek Wisata di Dekat Pantai Pok Tunggal

Kabupaten Gunung Kidul mempunyai tempat wisata yang sangat banyak, jika anda datang ke kabupaten ini jangan lewatkan untuk mengunjungi obyek wisata yang ada disini selain Pantai Pok Tunggal anda juga bisa menikmati obyek wisata lain di dekat Pok Tunggal yang diantaranya adalah :

  1. Pantai Banyunibo

Dinamakan Banyunibo dikarenakan ada air terjun di pantai ini, anda bisa menyaksikan air terjun yang mengalir langsung ke arah pantai. Namun medan yang di lalui untuk sampai ke pantai ini lumayan sulit karena anda harus melewati jalan setapak, di sepanjang jalan ini anda akan melihat pemandangan yang indah yakni rerumputan hijau dan laut. Pantai ini terbilang kecil dikarenakan terdapat batu karang yang besar, jadi anda harus berhati-hati ketika kesini karena medan yang licin dan curam.

  • Pantai Indrayanti

Pantai yang akrab dengan sebutan Pantai Pulang Syawal atau disingkat Pantai Pulsa ini sudah cukup dikenal di kalangan wisatawan local maupun mancanegara. Pantai ini terkenal dengan bentang pantai yang cukup luas serta pasir halus dan laut yang bersih. Setelah anda mengunjungi Pantai Pok Tunggal, tidak ada salahnya untuk mampir ke pantai ini karena jaraknya yang berdekatan dengan Pantai Pok Tunggal.

  • Pantai Baron

Pantai yang memiliki keunikan tersendiri ini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini. Pantai Baron memiliki keunikan yaitu mempunyai 2 air yang berbeda yakni air tawar dan air asin. Air tawar tersebut mengalir dari sungai menuju pantai, jadi anda bisa menikmati sensasi berenang di sungai dan pantai sekaligus.

  • Gua Jomblang

Jika anda penyuka adrenalin, gua ini mungkin bisa anda coba. Gua Jomblang adalah salah satu gua ekstrim karena mulut gua yang ada di permukaan tanah, jadi jika anda ingin masuk kedalam gua, anda harus menggunakan tali.Gua ini memiliki kedalaman berkisar antara 15 hingga 80 meter. Sebelum anda turun ke gua, anda akan diberi pelatihan singkat oleh sang pemandu. Yang menarik dari Gua Jomblang ini adalah terdapat cahaya dari atas, orang orang sekitar menyebutnya “Cahaya Surga” dan menjadikan Gua Jomblang ini menjadi spot yang cocok untuk anda yang suka mengabadikan momen.Cahaya Surga ini bisa anda saksikan ketika pukul 12.30 WIB.

Berikan review anda tentang destinasi wisata ini

Click on a star to rate it!

Tingkat kepuasan / 5. Vote count:

Leave a Reply