wisata batu malang
WISATA MALANG

Tempat Wisata di Malang

Kota Apel yang satu ini memang terkenal dengan agrowisatanya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Selain itu udara Malang yang sejuk ini banyak disukai wisatawan yang ingin menghabiskan hari libur di kota ini. Namun, selain agrowisata yang terkenal, ternyata beberapa tempat wisata di Malang lainnya pun tak kalah serunya untuk dikunjungi baik saat hari kerja maupun hari libur.

Beberapa tempat wisata berikut ini banyak direkomendasikan oleh masyarakat. Untuk itu Malang dapat menjadi salah satu kota yang masuk ke list tempat liburan Anda baik bersama keluarga maupun sahabat Anda. Berikut ini tempat wisata yang wajib Anda kunjungi selama berada di Kota Malang yang dijamin akan melepas penat Anda selama liburan.

Wisata Terbaru dan Populer di Malang yang Patut Dikunjungi

Kampung Warna-Warni Jodipan

Tempat wisata di Malang pertama yang bisa menjadi tujuan wisata Anda adalah Kampung Jodipan yang memiliki warna-warni menarik. Pemandangan di kampung ini pun sangat indah dan cocok untuk dijadikan spot foto. Pada awalnya kampung ini masih begitu kumuh, namun seiring berjalannya waktu dengan banyaknya pengunjung, kampung ini terus diperbaiki oleh pemerintah setempat.

Pemandian Kalireco

Air yang jernih dan juga menyegarkan dengan pepohonan di sekelilingnya yang meneduhkan menjadi daya tarik objek wisata yang bernama Pemandian Kalireco ini. Seperti namanya, objek wisata ini dapat Anda jadikan tempat berendam yang sangat menyegarkan di siang hari terutama saat terik matahari menyengat tubuh Anda.

Sponsored Links

Untuk bisa menikmati segarnya air di Kalireco ini Anda tak dikenakan biaya masuk alias gratis.

Taman Selecta Malang

Taman Selecta Malang merupakan objek wisata yang akan memberikan Anda pemandangan hamparan taman bunga yang cantik dan juga berwarna-warni. Taman ini sangat cocok untuk Anda yang gemar berfoto dan menyukai objek alam terutama bunga. Selain itu di wisata ini juga terdapat wahana lain seperti Family Coaster, Water Park, dan yang lainnya.

Sumber Jenon

Sumber Jenon merupakan wisata alam Malang yang menyajikan banyak mitos-mitos di dalamnya. Selain itu aura mistis juga terdapat di wisata ini terutama karena di area wisata terdapat pohon-pohon beringin besar. Namun terlepas dari itu, Anda perlu datang ke wisata ini karena keindahan airnya yang bisa dijadikan tempat menyelam.

Omah Kayu Batu Malang

Omah Kayu ini berada di atas ketinggian yang menyuguhkan pemandangan sangat memukau bagi pengunjung. Tempat wisata ini sering menjadi tujuan para pemuda yang sangat suka dengan foto selfie. Selain pemandangan dari atas ketinggian yang sangat menawan, Anda juga bisa menikmati semilir angin yang akan membuat Anda betah berlama-lama di sini.

Mata Air Sumber Sirah

Dari atas ketinggian kita beralih ke perairan. Wisata air yang bisa Anda coba kunjungi ketika berwisata ke Kota Apel ini bernama Sumber Sirah. Mata air yang satu ini menawarkan sensasi jernihnya air yang bisa digunakan untuk aktivitas snorkeling. Di dalamnya terdapat ganggang hijau yang sangat indah dan cantik untuk diabadikan dengan kamera tahan air.

Ditambah dengan tiket masuknya yang gratis bisa menjadi tujuan wisata ekonomis untuk Anda. Namun untuk menyewa perlengkapan menyelam Anda perlu menyewa.

Coban Nirwana atau Coban Mbok Karimah

Objek wisata di Malang yang satu ini belum terlalu terkenal seperti objek wisata yang lainnya. Bahkan nama dari air terjun yang ada di sini sebenarnya belum resmi, hanya masyarakat yang menyebutnya demikian. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan coban yang sangat indah dengan ciri khas warna coklatnya yang unik. Namun fasilitas di sini belum begitu lengkap untuk pengunjung.

Teluk Bidadari

Objek wisata alam di Malang memang tak ada habisnya untuk dikulik lebih dalam. Salah satu objek wisata alam luar biasa indah di Malang adalah Teluk Bidadari yang akan memberikan Anda keindahan genangan lingkaran dengan air biru kehijauannya yang jernih. Tempat ini sangat cocok untuk melakukan relaksasi karenanya suasananya sangat menenangkan.

Pantai Batu Bengkung

Wisata Pantai Batu Bengkung yang terletak di Desa Gajah Rejo ini akan menyambut Anda dengan keindahan panorama tebing-tebing dan juga ombak besarnya. Sempatkan untuk datang ke pantai ini terutama saat senja. Ada saat-saat yang unik untuk bisa menikmati karang-karang yang eksotis yakni saat air surut.

Eco Green Park

Jika Anda menginginkan tempat wisata edukasi untuk anak-anak yang terbaru dan menarik di Malang, maka Anda wajib datang ke Eco Green Park. Wisata edukasi ini merupakan wisata kebun binatang mini yang juga di dalamnya terdapat edukasi mengenai pemeliharaan lingkungan. Jika Anda ingin menikmati wahananya, di sini juga terdapat Jungle Adventure yang menyenangkan untuk dicoba.

Segara Anakan Pulau Sempu

Tempat wisata di Malang yang satu ini dijamin akan membuat Anda terkagum-kagum dengan kelamiannya. Namun untuk menuju ke lokasi wisata ini Anda perlu membawa bekal yang banyak karena lokasinya yang jauh dan juga terjal. Di Pulau Sempu terdapat Segara Anakan yang berupa pantai di tengah pulau dan juga terdapat tebing yang mengelilinginya.

Namun menurut informasi terbaru, Pulau Sempu tidak diperkenankan lagi dijadikan sebagai tempat wisata, hanya boleh sebagai tempat penelitian, dan sebagainya.

Banyu Anjlok

Dua wisata alam bisa Anda dapatkan sekaligus dengan datang ke objek wisata Banyu Anjlok ini. Anda akan bisa menikmati indahnya air terjun yang jatuh dan mengalir di tepi pantai. Objek wisata yang terletak di Desa Tirtoyudo ini juga menyajikan sensasi segarnya berenang di kolam alam yang terletak di atas air terjun tersebut.

Batu Night Spectacular

Salah satu wisata paling populer di Malang yang wajib masuk dalam daftar rencana liburanmu adalah Batu Night Spectacular atau yang sering juga dikenal sebagai BNS. Harga tiket masuknya sangat murah jika dibanding dengan sajian wahananya yang sangat menarik. Wahana yang disajikan beraneka ragam mulai dari sepeda terbang, lampion, dan yang lainnya.

Wisata Paralayang

Dari wisata air dan darat, kita beranjak ke wisata yang berkaitan dengan udara, yakni paralayang. Wisata paralayang yang menantang adrenalin Anda ini bisa Anda jumpai ketika berada di Batu, Malang. Anda akan menaiki paralayang dan meluncur dari atas ketinggian dengan sensasi menikmati pemandangan dari ketinggian yang indah dan berbeda tentunya.

Wisata Tubing Wringinanom

Dinamakan Wringinanom karena letak wisata ini berada di Desa Wringinanom dan masih berada di kawasan lereng Gunung Semeru. Wisata ekstrem ini dijamin akan memacu adrenalin Anda dengan sensasi menantangnya mengarungi derasnya arus sungai yang juga berbatu dengan hanya berbekal sebuah tub. Jangan khawatir, dari pihak pengelola sudah menjamin keamanan dan keselamatannya.

Taman Labirin Coban Rondo

Satu lagi tempat wisata yang photogenic dan cocok untuk Anda kunjungi sebagai wisata alam yang menarik adalah Taman Labirin Coban Rondo ini. Selain pemandangan labirin yang unik, Anda bisa menikmati sensasi menyusuri lorong labirin yang membingungkan namun sangat menyenangkan. Harga tiket masuknya hanya sebesar Rp10.000,00 saja.

Museum Malang Tempo Doeloe

Wisata edukasi yang ada di Malang memang banyak, salah satunya adalah Museum Malang Tempoe Doeloe yang menyajikan wisata edukasi mengenai sejarah Kota Malang. Museum ini menyajikan sejarah Malang dari zaman kerajaan hingga zaman kemerdekaan. Di sini juga terdapat benda-benda sejarah dan juga peninggalan-peninggalan kerajaan zaman dahulu.

Air Terjun Sumber Pitu

Air terjun yang berada di Desa Duwet Krajan, Malang ini menyajikan pemandangan luar biasa dengan 7 air terjun yang dimilikinya. Selain 7 air terjun yang berdekatan, tentunya air terjun tersebut memiliki keindahan yang luar biasa. Menurut informasi terbaru, di objek wisata ini sudah dibangun kolam-kolam yang digunakan untuk menampung air.

Pantai Ungapan

Jika biasanya pantai identik dengan warna birunya, lain dengan pantai Ungapan yang memiliki pemandangan hijau rumput. Anda bisa menikmati pantai dengan batu-batu besar di sekelilingnya yang menawan. Tempat ini bisa jadi tempat yang tepat untuk menikmati indahnya matahari tenggelam di kala senja.

Coban Tundo

Untuk Anda yang menyukai lokasi wisata ekstrim, mungkin bisa ke Coban Tondo ini. Letaknya yang tersembunyi dari pusat kota dan belum banyak dikunjungi cocok untuk Anda yang menyukai ketenangan alam. Air di Coban Tondo ini memiliki warna biru muda dengan kedalaman sekitar 2 meter. Terdapat tiga tingkatan Coban Tundo di air terjun ini.

D’Topeng Museum

Letaknya yang berada di dekat objek wisata Museum Angkut yang sudah terkenal di Malang membuat wisata ini mudah dijangkau. Di dalam museum ini Anda bisa melihat pameran koleksi topeng dari berbagai daerah dan juga benda-benda dari zaman pra sejarah hingga zaman Majapahit. Tiket masuknya hanya sebesar Rp25.000,00 saja.

Pantai Sipelot

Memang banyak pantai di Malang yang belum terjamah banyak wisatawan yang memiliki pemandangan sangat menawan. Salah satunya yakni Pantai Sipelot ini yang letaknya berada di Desa Pujiharjo, Malang. Pantai ini akan membawa Anda ke dua pemandangan alam sekaligus yakni indahnya pantai dan juga air terjun setinggi 10 meter.

Karena belum dijadikan tempat wisata resmi oleh pengelola sekitar, untuk masuk ke pantai ini Anda tidak dikenakan biaya masuk alias gratis.

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang mirip dengan bentuk Tanah Lot di Bali, yakni adanya pura yang berada di tengah laut. Anda bisa menikmati pantai yang memiliki deburan ombak yang akan menyentuh kaki Anda dengan lembut dengan bibir pantai sepanjang 2 km. Pantai ini menjadi pantai yang sangat diminati masyarakat Malang dengan tiket masuk hanya Rp15.000,00.

Pantai Ngeliyep

Pantai Ngeliyep merupakan pantai pasir putih yang memiliki pemandangan indah seperti pantai di Lombok. Pantai yang belum banyak dikunjungi ini bisa menjadi salah satu tujuan Anda sebagai menenangkan diri dari keramaian. Cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp5.000,00 saja Anda sudah bisa menikmati deburan ombak yang memecah karang dengan tenang.

Lokasinya berada di 62 kilometer dari Kota Malang.

Air Terjun Coban Pelangi

Air terjun yang terletak di Desa Gubung Klakah, Kecamatan Poncokusumo, Malang ini memiliki pesona yang sangat indah sesuai dengan namanya. Air terjun ini memiliki bias warna pelangi yang indah. Sangat disarankan untuk Anda datang di pagi hari karena udara masih sejuk dan juga embun di pagi hari yang menambah nyaman suasana.

Namun objek wisata ini hanya buka hingga pukul 16.00 saja di musim hujan.

Pantai Kedung Celeng

Satu lagi pantai yang menyajikan pemandangan menarik untuk Anda yang ada di Malang yakni Pantai Kedung Celeng. Lokasinya yang tersembunyi membuat pantai ini belum terpengaruh dengan ramainya kehidupan di Kota Malang. Dengan berlibur ke pantai ini Anda bisa menenangkan diri menikmati birunya air laut yang memanjakan mata.

Banyak anak muda yang datang ke pantai ini hanya untuk menikmati sepoy-sepoy angin pantai.

Rafting Sungai Bango

Objek wisata rafting di sungai Bango ini tergolong tempat wisata yang baru muncul di publik dan menjadi salah satu wisata favorit pengunjung di Kota Malang. Wisata ini menyajikan sensasi arung jeram yang menantang di sepanjang sungai Bango. Lokasinya berada di tengah kota, tepatnya di Jl. Terusan Sulfat 44A, Malang, Jawa Timur.

Suasana yang teduh menambah sejuk wisata Anda dengan biaya yang cukup terjangkau untuk sensai arung jeram yang menantang, yakni Rp100.000,00 – Rp200.000,00.

Gua Lo Bangi

Wisata bertema lain yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Malang yakni wisata gua di Gua Lo Bangi. Gua Lo Bangi merupakan dua gua yang berbeda yakni Gua Lo dan Gua Bangi yang masih berada dalam satu wilayah. Anda dapat menikmati gua yang memiliki pemandangan berupa aliran sungai yang berada di bawah tanah serta danau dan juga air terjun.

Salah satu daya tarik yang dimiliki wisata ini adalah stalaktit yang menggantung yang begitu indah dan juga unik, yakni membentuk buah-buahan.

Kusuma Agrowisata

Malang sebagai salah satu kota yang terkenal dengan buah apelnya yang hijau, menawarkan objek wisata bertemakan kebun apel yang bisa Anda coba kunjungi, salah satunya adalah wisata petik apel Kusuma Agrowisata. Di sini Anda bisa mencoba memetik apel dari pohonnya langsung. Selain apel Anda juga bisa memetik buah lain seperti jeruk, jambu merah, stroberi, buah naga, serta sayur mayur.

Selain wisata petik buah dan sayur, Anda juga bisa mencoba wahana outbond yang disediakan di tempat wisata ini seperti soft gun, ATV mini off-road, serta flying fox. Tiket masuk wisata ini cukup terjangkau yakni hanya sebesar Rp34.000,00 hingga Rp54.000,00.

Ndayung Rafting

Tempat wisata terakhir yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi di Malang adalah Ndayung Rafting yang berada di Desa Gubuk Klakah, Kecamatan Poncokusumo, Malang. Pemandangan yang indah bisa Anda dapatkan selama bermain arung jeram di wisata ini.

Keindahan alam yang di dapatkan di sini bersumber dari lokasinya yang masih dalam kawasan lereng gunung Semeru yang berada di sebelah utara. Selain itu Anda juga bisa melihat pertanian sekitar berupa sayur mayur dan buah-buahan terutama apel yang menambah indah pemandangan.

Beberapa informasi mengenai tempat wisata di Malang tersebut bisa Anda kunjungi bersama dengan keluarga maupun sahabat Anda. Wisata tersebut selain bisa menjadi refreshing untuk Anda, juga bisa menjadi bahan renungan betapa indahnya alam sebagai salah satu bagian dari ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa.

Gravatar Image
Latest posts by Travel Advisor - Editor Staff (see all)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of