Tempat Wisata di Bogor

Bogor merupakan sebuah kota sejuk dengan pesona alam yang luar biasa. Banyak terdapat tempat wisata di sana, mulai dari tempat wisata alam, wahana permainan, pusat kuliner, sampai tempat wisata dengan desain-desain yang menarik untuk dijadikan spot foto. Bagi Anda warga Bogor, jangan sampai melewatkan pemandangan indah dari setiap tempat wisata di sana.

Karena memiliki banyak tempat wisata yang eksotis, Bogor menjadi salah satu kota tujuan wisata paling diminati. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung, khususnya pada momen liburan anak sekolah, libur hari raya, perayaan tahun baru, dan sebagainya. Dalam artikel ini Anda akan menyimak beberapa tempat wisata di Bogor yang bisa Anda jadikan referensi.

15 Rekomendasi Tempat Wisata Di Wilayah Bogor

Bogor terkenal dengan kawasan puncaknya. Tetapi tahukah Anda bahwa selain puncak Bogor, masih banyak tempat wisata lain yang tidak kalah indahnya? Berikut ini adalah daftar tempat wisata di wilayah Bogor yang bisa dicatat sebagai acuan tujuan wisata Anda.

  1. Curug Cibaliung

Curug Cibaliung adalah wisata air terjun yang berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul. Air terjun Cibaliung menjadi populer karena airnya yang jernih dan sejuk, sehingga sangat cocok untuk tempat berenang maupun sekadar bermain air. Suasana semakin sejuk dengan adanya pepohonan yang rindang di sekitarnya.

Sponsored Links

Air terjun Cibaliung berada di dalam kawasan Leuwi Cibaliung, dan berada di kedalaman hutan yang masih asri. Jadi ketika Anda hendak menuju lokasi tersebut, gunakan nama “Leuwi Cibaliung” sebagai petunjuk utamanya. Anda bisa mengikuti petunjuk jalan, maupun bertanya kepada warga sekitar. Anda perlu hati-hati karena medan jalannya masih cukup terjal.

Tempat wisata ini belum terlalu banyak dikunjungi oleh wisatawan luar kota. Mengingat lokasinya yang cukup sulit dijangkau, sehingga hanya wisatawan tertentu saja yang memang tertantang untuk menuju air terjun Cibaliung. Tiket masuknya terbilang cukup murah, yakni Rp 10.000 saja dengan tambahan biaya parkir sebesar Rp 5000.

  • Rumah Pohon Curug Ciherang Jonggol

Tempat wisata di Bogor selanjutnya adalah Rumah Pohon yang berada di Curug Ciherang Jonggol. Rumah Pohon ini telah menjadi primadona bagi wisatawan, khususnya para remaja. Tempatnya yang unik, sehingga sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang instagramable. Selain rumah pohon, di sana juga terdapat jembatan kayu gantung yang tidak kalah uniknya.

Rumah pohon tersebut dibangun di atas pohon besar, sehingga ketika berada di dalamnya Anda akan dapat melihat pemandangan yang luas dan indah. Namun Anda tetap perlu hati-hati karena lokasi rumah pohon berada di pinggir tebing yang curam. Lokasinya rumah pohon ini berada di dalam kawasan Curug Ciherang, Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Bogor.

Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5.000 per orang sebagai tiket masuk Curug Ciherang. Biaya parkir motor sebesar Rp 5.000, sedangkan untuk mobil Anda harus membayar sebesar Rp 20.000. Harga tersebut masih dalam kategori terjangkau, mengingat Anda bisa dengan puas menikmati pemandangan sembari berfoto-foto.

  • Goa Agung Garunggang

Belum banyak wisatawan yang tahu bahwa Bogor punya tempat wisata Goa Agung Garunggang. Hal ini karena lokasinya yang masih sangat tersembunyi,tepatnya di daerah Karang Tengah 2, Babakan Madang, Sentul. Di sana banyak terdapat bebatuan yang unik, sehingga cocok untuk Anda yang hobi mengoleksi foto-foto di tempat yang anti mainstream.

Goa ini terletak di dalam tanah, maka Anda perlu menuruni sebuah lubang semacam sumur untuk bisa sampai ke Goa Agung Garunggang. Karena di dalam tanah, maka tentu tidak ada penerangan cahaya sama sekali, ini sebabnya Anda diharuskan membawa senter sendiri saat berada di sana. Meski gelap, Anda tetap bisa menyaksikan pesona keindahan di dalam Goa. Banyak terdapat stalaktit yang masih alami menjuntai dari atap goa. Pastikan Anda menggunakan jasa pemandu agar dapat menjelajahi Goa Agung Garunggang dengan aman.

Goa Agung Garunggang berada di kawasan Jungleland dan Leuwi Hejo. Maka saat Anda hendak menuju ke sana, jadikan Jungleland sebagai pedoman petunjuk utama. Setelah sampai di Jungleland, ikuti petunjuk atau bisa bertanya kepada warga. Hingga kini belum ada patokan harga tiket masuk, Anda hanya perlu membayar seikhlasnya untuk pemandu wisata dan parkir.

  • The Jungle Water Adventure

Tempat wisata The Jungle Water Adventure merupakan tempat wisata dengan konsep ruang terbuka hijau. Di sana Anda bisa melihat pemandangan Gunung Salak dan Gunung Pangrango. Selain itu, di dalamnya juga sudah terdapat fasilitas wahana permainan yang cocok untuk keluarga. Misalnya seperti wahana permainan air Kiddie Pool, Slide Pool, Spiral Slide, dll.

Selain itu, ada juga fasilitas Leisure Pool yaitu tempat bersantai di bagian tengah kolam renang, kemudian Anda bisa sembari menikmati makanan dan minuman. Di sana terdapat juga arena futsal bagi Anda yang hobi berolah raga. Fasilitas modern sekaligus unik lainnya yakni Sinema 4 dimensi yang bisa Anda tonton bersama keluarga.

Tempat wisata ini berlokasi di Perumahan Bogor Nirwana Resident, tepatnya di Jalan Bogor Nirwana Boulevard Dreded Pahlawan. Lokasi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur dengan keluarga khususnya anak-anak.Tiket masuknya seharga Rp 80.000 untuk hari kerja, dan Rp 95.000 untuk akhir pekan. Meski mahal, namun sebanding dengan fasilitas yang tersedia.

  • Curug Bidadari Sentul Paradise Park

Lagi-lagi Bogor memiliki tempat wisata air terjun yang sangat indah. Air terjun ini semula bernama Curug Bojongkoneng, namun kemudian berubah menjadi Curug Bidadari setelah dikelola oleh Sentul Paradise Park. Lokasinya berada di Desa Bojongkoneng, Sentul City, Bogor. Curug Bidadari memiliki tinggi mencapai 40 hingga 75 meter dengan kualitas air yang jernih.

Menariknya, air terjun ini telah didesain secara modern sehingga sudah banyak terdapat wahana-wahana permainan. Misalnya taman bermain dengan pasir putih yang membuat Anda seolah berada di pantai, flying fox, serta persewaan alat-alat untuk bermain. Karena fasilitasnya yang lengkap, tidak heran jika tempat ini selalu ramai setiap masa libur tiba.

Jam operasional Curug Bidadari ini dibuka mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB saat hari kerja, dan pukul 07.30 sampai 18.30 WIB saat akhir pekan. Harga tiket dibanderol dengan harga Rp 25.000 per orang saat hari kerja, dan Rp 40.000 per orang saat akhir pekan. Meski terbilang cukup mahal, namun harga tersebut sebanding dengan fasilitas modern yang telah disediakan.

  • Gunung Pancar

Lagi-lagi Bogor memberikan tempat wisata alam yang alami dan asri, yaitu Gunung Pancar. Di sana Anda bisa menikmati pemandangan Kota Bogor di atas gunung yang tingginya mencapai 300-800 mdpl. Selain itu Anda juga bisa menikmati udara sejuk di kawasan hutan pinus. Selain itu juga disediakan kolam pemandian air panas, dan lapangan untuk berkuda, jogging, dll.

Lokasi Gunung Pancar berada di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul. Harga tiketnya dibanderol sebesar Rp 5.000 per orang, serta tambahan parkir sebesar Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Namun bagi Anda yang ingin berendam di air panas, Anda harus membayar lagi sebesar Rp 10.000 per orangnya.

  • Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor

Tempat wisata ini menampilkan koleksi hewan rusa dari berbagai jenis, misalnya Rusa Cheetal, Rusa Jawa, serta Rusa Bawean. Anda bisa dengan puas melihat, berfoto, serta memberi makan pada rusa-rusa tersebut. Kegiatan ini sangat menarik bagi anak-anak. Selain itu anak-anak juga bisa bermain di area outbond yang telah disediakan.

Bagi Anda yang hobi berkemah, di sana juga disediakan area untuk perkemahan yang luas. Anda bisa berkemah dengan rombongan hingga sebanyak 200 orang. Selain itu ada juga spot foto berupa jembatan gantung yang unik. Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Buana Jaya, Tanjung Sari, Bogor. Di sini Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 2500 saja.

  • Taman Sakura

Bagi Anda yang pecinta bunga sakura, sekarang tidak perlu lagi berkunjung jauh-jauh ke Jepang. Karena bunga sakura telah hadir di Taman Sakura Kebun Raya Cibodas. Di dalamnya ada sekitar 435 pohon sakura. Dengan konsep bunga yang terlihat romantis, tentu saja taman ini menjadi spot foto yang sangat indah, khususnya untuk momen mengabadikan prewedding Anda.

Namun sayangnya Anda tidak bisa setiap hari melihat bunga sakura di sana. Pasalnya bunga sakura hanya mekar 2 kali saja dalam satu tahun, yakni pada bulan Januari-Februari serta bulan Juli-Agustus. Lokasi ini terletak di Desa Sindanglaya, Cipanas. Tiket masuknya cukup murah yakni sekitar Rp 10.000 saja.

  • Curug Cigamea

Pesona air terjun di Bogor memang tidak ada habisnya, seperti curug yang ada di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Bogor. Ya, di sana terdapat air terjun yang sangat menawan yakni Curug Cigamea. Curug Cigamea memiliki 2 air terjun yang hampir sama, yang pertama setinggi 50 meter berada di bagian celah tebing. Sedangkan yang kedua berada di dekat pintu masuk.

Air terjun yang kedua memiliki ketinggian yang lebih curam, namun kolam yang berada di bawahnya tidak terlalu dalam. Sehingga kurang cocok dijadikan tempat untuk berenang. Anda bisa berenang di kolam air terjun yang pertama. Harga tiket masuknya sangat murah yaitu  hanya Rp 3.500 saja per orangnya.

  1. Curug Bengkok Leuwi Hejo (Curug Leuwi Hejo)

Curug Leuwi Hejo juga dikenal sebagai Curug bengkok, yakni sebuah wisata air terjun dengan ukuran yang kecil namun tidak kalah keindahannya dengan air terjun lainnya. Udara yang sejuk serta airnya yang berwarna hijau tosca menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Alamatnya berada di kawasan Wangun Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor.

Untuk dapat menikmati Curug Bengkok ini Anda hanya perlu membayar RP 5.000 saja. Namun karena medan jalannya masih cukup terjal, lebih baik jangan berkunjung saat musim hujan karena cukup berbahaya akibat jalan yang licin. Di dekat Curug Bengkok juga terdapat air terjun lain bernama Curug Barong. Anda bisa sekaligus mampir di sana menikmati kesejukan alam.

  1. Taman Wisata Mekarsari

Tempat wisata alam di Bogor tidak hanya berupa air terjun dan pegunungan saja, namun juga ada yang berupa taman buah. Ya, Taman Wisata Mekarsari ini menyuguhkan hampir 1470 tanaman buah. Dengan jumlahnya yang sangat banyak, Taman Mekarsari telah dinobatkan sebagai taman buah terbesar di Indonesia.

Taman Mekarsari ini memang mengangkat tema konservasi, reboisasi, edukasi, serta rekreasi. Tidak hanya menyajikan ratusan tanaman buah, di sana juga tersedia wahana permainan dan kegiatan outbond yang ramah bagi anak-anak. Lokasi Taman Mekarsari ada di Jalan Raya Cileungsi-Jonggol KM 3. Harga tiket sebesar RP 25.000 belum termasuk wahana permainan.

  1. Taman Safari Indonesia

Taman Safari merupakan salah satu tempat wisata paling terkenal di Bogor. Di dalamnya memuat berbagai jenis hewan yang bisa Anda jadikan media edukasi bagi anak-anak. Untuk dapat melihat seluruh koleksi hewan di sana, Anda bisa menyewa mobil atau bahkan kereta gantung dengan sensasi yang tidak terlupakan.

Taman Safari berlokasi di Jalan Raya Puncak Nomor 601, Cibeureum, Cisarua Bogor. Namun sayangnya Anda harus rela merogoh kocek lebih dalam, karena harga tiket masuknya sebesar Rp 140.000 untuk anak usia 1-5 tahun, dan Rp 150.000 untuk anak usia di atas 5 tahun. Jam operasionalnya dibuka mulai pukul 07.000 sampai 17.000 WIB.

  1. Leuwi Lieuk

Leuwi Lieuk termasuk tempat wisata yang masih baru di Kota Bogor. Meski begitu, Leuwi Lieuk telah memiliki penggemar yang cukup banyak. Khususnya para remaja yang hobi berfoto di tempat-tempat yang instragamable. Lokasi Leuwi Lieuk masih termasuk dalam kawasan Leuwi Hejo, yakni di Kampung Wangun Cileungsi, Karang Tengah, Kecamatan Madang.

Tempat Wisata ini menyajikan pemandangan alam yang eksotis, di sekitarnya banyak terdapat tebing yang indah. Untuk mencapai lokasi, Anda harus menyisir tepian sungai kurang lebih 5 menit. Leuwi Lieuk memiliki air yang berwarna hijau tosca, meski terlihat indah namun tidak cocok untuk berenang. Harga tiket di tempat ini hanya Rp 10.000, cukup murah bukan?

  1. Kampung Budaya Sindangbarang

Selain wisata alam dan permainan, Bogor juga memiliki aset wisata berupa Kampung Budaya Sindangbarang. Lokasinya berada di Jalan Endang Suma Wijaya, Sindang Barang, Kecamatan Tamansari, Bogor. Di dalamnya terdapat banyak jenis kesenian Sunda yang dikemas dengan konsep perkampungan Sunda tempo dulu.

Selain kesenian, ada juga peninggalan-peninggalan dari Kerajaan Pajajaran yang dipamerkan. Tempat ini menawarkan Anda untuk dapat menginap di sana agar bisa mengenal lebih jauh budaya Sunda yang ada. Harga tiket sebesar Rp 55.000 (minimal 40 orang), dan Rp 800.000 untuk sewa penginapan. Tempat ini cocok dijadikan sarana edukasi kebudayaan Sunda.

  1. The Highland Park Resort (Mongolian Camp Bogor)

Tempat wisata yang satu ini sepertinya memang ditujukan bagi wisatawan kelas atas. Pasalnya, The Highland Park Resort merupakan hotel mewah yang berkonsep camp ala Mongolia. Meski berbentuk tenda, tetapi di sana terdapat fasilitas yang sangat lengkap, misalnya tempat tidur yang nyaman, sofa yang empuk, toilet, dan sebagainya.

Bahkan tempat wisata ini disebut sebagai satu-satunya Resort Mongolian yang ada di Asia Tenggara. Selain penginapan, The Highland Park Resort juga menyediakan berbagai wahana permainan untuk Anda dan keluarga. Harga sewa kamar untuk per malamnya sebesar Rp 1.502.479. Anda bisa datang di alamat Jalan Curug Nangka, Sinarwangi, Taman Sari, Bogor.

Dari sekian rekomendasi tempat wisata di atas, kira-kira mana yang akan Anda kunjungi terlebih dulu? Apapun pilihan Anda, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan ketertiban di setiap tempat wisata.

Profil Penulis

Travel Advisor - Editor Staff
Travel Advisor - Editor Staff
Travel Advisor adalah portal yang menyediakan rekomendasi tempat wisata di Indonesia, tempat rekreasi, tempat liburan, kuliner serta review hotel murah di Indonesia.
Leave a Reply

shares