wisata semarang

Tempat Wisata di Semarang

Apakah Anda sedang merencanakan liburan di Kota Semarang? Jika iya, Anda harus menyimak dulu rekomendasi tempat wisata di Semarang yang paling populer. Sehingga Anda tidak perlu lagi bingung memilih tempat wisata sesuai keinginan maupun budget Anda. Kota Semarang memiliki banyak tempat wisata, tidak hanya di pusat kota saja, namun juga ada yang berlokasi di kawasan perbukitan.

30 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Populer Di Semarang

Tempat wisata di Semarang kini telah banyak mengalami trobosan baru. Tidak hanya wisata alam yang masih alami, namun juga tempat wisata dengan konsep kreatif dan modern. Berikut ini daftar tempat wisata di Semarang paling populer yang bisa Anda kunjungi saat liburan.

3D Trick Art Museum

Bagi Anda yang suka berfoto dengan konsep unik dan kreatif maka wajib mengunjungi tempat wisata 3D Trick Art Museum. Museum ini terletak di Kota Tua Semarang, lebih tepatnya di Jalan Letjen Suprapto Nomor 26, Tanjung Mas, Semarang. Harga tiket masuknya sebesar Rp 40.000 per orang, dan Anda bisa datang mulai pukul 10.000 sampai pukul 22.00 WIB.

Dalam museum ini Anda bisa berfoto pada spot-spot yang telah di desain dengan konsep 3 dimensi. Misalnya gambar jembatan yang melintasi air terjun, gambar hewan buas yang seolah akan menerkam, bahkan ada gambar artis ternama Justin Bieber. Gambar-gambar tersebut terlihat sangat mirip dengan aslinya, jadi Anda akan terlihat seperti menyatu dengan gambar.

Sponsored Links

Setiya Aji Flower Farm

Beralih ke tempat wisata dengan konsep romantis, Semarang punya Setiya Aji Flower Farm. Sesuai namanya, tempat wisata ini menyuguhkan taman bunga yang sangat mempesona. Tidak heran, tempat ini sudah sangat populer sebagai tempat foto-foto. Alamatnya ada di Kecamatan Bendungan, tepatnya di Jalan Kendalisodo, Desa Jetis.

Harga tiket yang perlu Anda keluarkan yaitu sebesar Rp 7.500 per orang. Meski dibuka mulai pukul 07.000 hingga 18.00 WIB, sebaiknya Anda datang saat sasana pagi hari yang cerah. Jangan lupa pakai baju yang berbeda warna dengan bunga-bunganya agar hasil fotonya semakin bagus. Selain berfoto, Anda bisa membeli krisan seharga Rp 5.000 untuk oleh-oleh.

Puri Maerokoco

Kota Semarang juga menyediakan tempat wisata yang bisa dijadikan sarana edukasi. Puri Maerokoco disebut juga sebagai taman mini Jawa Tengah. Di dalamnya terdapat taman mangrove, serta berbagai macam tanaman lain. Selain itu juga banyak fasilitas wahana permainan, dan juga 35 anjungan dari seluruh Kabupaten dan Kota Madya di Jawa Tengah.

Dalam setiap anjungan atau rumah adat, juga disajikan hasil industri maupun hasil kerajinan dari masing-masing kabupaten. Anda bisa berfoto-foto di sana, sekaligus menambah wawasan tentang Propinsi Jawa Tengah. Lokasinya ada di Jalan Yos Sudarso dengan harga tiketnya sebesar Rp 15.000 sudah termasuk fasilitas sewa perahu untuk menyusuri taman mangrove.

Bantir Hills

Bantir Hills merupakan salah satu wisata yang masih baru di Kota Semarang. Dengan pemandangan alam berupa perbukitan dan dikelilingi pepohonan yang hijau, menjadikan tempat ini semakin diminati oleh wisatawan. Anda bisa berfoto atau sekadar menikmati pemandangan alam, hingga pemandangan matahari terbenam.

Sayangnya, tempat ini masih berada pada tahap pembangunan. Sehingga belum banyak fasilitas yang disuguhkan. Menurut informasi, kedepan akan dibangun gardu pandang, taman, spot melihat sunset, gazebo, dan sebagainya. Bantir Hills ada di daerah Sumowono, yakni di Jalan Bantir, Desa Losari.

Wisata Lereng Kelir

Wisata Lereng Kelir menyajikan pemandangan alam yang sangat memukau bagi wisatawan. Tempatnya ada di wilayah Ambarawa, di Desa Brangkol, Kecamatan Jambu. Anda bisa berfoto melalui gardu pandang yang sudah disediakan. Selain itu, di sana Anda bisa berkesempatan melihat matahari terbit dengan sangat indah.

Biasanya para wisatawan tidak hanya sekadar berkunjung, tetapi juga mendirikan perkemahan di puncak Lereng Kelir. Jika Anda ingin berkemah, pastikan membawa bekal yang cukup hingga sampai ke puncak. Harga tiket di tempat wisata ini yaitu Rp 7.000 untuk akhir pekan, dan Rp 5.000 untuk hari kerja. Harga yang terjangkau untuk bisa menikmati keindahan alam di Semarang.

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah merupakan sebuah tempat ibadah sekaligus menjadi ikon di Jawa Tengah. Masjid ini terletak di Jalan Gajah Raya, wilayah Gayamsari. Masjid selalu ramai dikunjungi, tidak hanya sekadar beribadah, pengunjung bisa sekaligus berwisata di sana. Ciri khas dari masjid ini yaitu payung raksasa yang megah layaknya di Masjidil Haram.

Selain itu di area Masjid Agung juga terdapat museum dan menara. Anda bisa menaiki menara tersebut dan melihat pemandangan Kota Semarang secara luas. Untuk menambah wawasan, Anda bisa memasuki museum yang berada di bawah menara.

Hutan Pinus Kayon

Lagi-lagi Semarang punya tempat wisata yang instagramable. Hutan Pinus ini berada di Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Lokasinya berdekatan dengan Gunung Merbabu, sehingga pengunjung bisa sekaligus melihat pemandangan alam yang indah. Karena lokasi wisata ini masih baru, maka belum ada harga tiket khusus untuk masuk ke dalamnya.

Pantai Marina

Selain daerah perbukitan yang sejuk, Semarang juga memiliki pesona pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Marina. Di sana terdapat fasilitas permainan seperti speed boat, ski air, serta taman bermain untuk anak-anak. Banyak pengunjung yang datang di pagi hari untuk berolah raga, karena udaranya cukup sejuk karena banyak pepohonan rindang.

Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti terletak di kawasan Bandungan. Di sana Anda bisa berenang sambil melihat pemandangan dari kolam yang berada pada ketinggian 1.200 mdpl. Selain itu banyak wahana permainan yang bisa Anda coba seperti flying fox, dan permainan outbond lainnya. Bagi Anda yang hanya ingin bersantai juga tersedia cafe dengan aneka hidangan makanan dan minuman.

Bukit VW

Bukit VW adalah tempat wisata yang menampilkan puluhan mobil bergaya retro dari tahun 70-an. Semua mobil tertata rapi di atas bukit. Yang menjadi daya tarik utama adalah pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang indah sekaligus berfoto dengan latar mobil-mobil retro yang unik. Lokasi ada di Tembalang, dengan tiket masuk gratis.

Goa Kreo Dan Waduk Jatibarang

Goa Kreo dan Waduk Jatibarang terletak di Kecamatan Gunungpati. Goa Kreo adalah goa alami, yang telah dikelilingi oleh waduk buatan. Desain yang unik itulah yang membuat wisatawan sangat tertarik untuk berkunjung. Ciri khas lainnya adalah banyaknya monyet yang berkeliaran di sekitar Goa. Biasanya wisatawan justru berusaha agar bisa berfoto bersama para monyet.

Curug Lawe

Curug Lawe adalah air terjun alami yang terletak di Ungaran Utara. Dengan membayar tiket sebesar Rp 4.000 Anda sudah bisa menikmati kesejukan dan keindahan air terjun. Ketinggian air terjunnya mencapai 40 meter lebih, dengan sisi tebing berbentuk oval. Namun sayangnya, medan menuju lokasi tersebut masih sangat terjal.

Saloka Theme Park

Saloka Theme Park merupakan taman rekreasi keluarga yang terletak di wilayah Tuntang. Di dalamnya tersedia banyak wahana permainan yang di bagi menjadi 4 zona. Ada zona balalantar, pesisir, ararya, serta segara prada. Masing-masing zona menyuguhkan tema yang berbeda. Selain wahana permainan, di sana Anda juga bisa bersantai menyantap aneka kuliner.

Ayana Gedong Songo

Tempat wisata Ayana Gedong Songo semakin populer karena memiliki 35 spot foto yang unik dan instagramable. Hampir semua spot fotonya berlatar belakang pemandangan alam. Lokasi ini berada di dalam kawasan Candi Gedong Songo. Spot foto ini gratis, tetapi Anda harus membayar tiket masuk melalui pintu masuk Candi Gedong Songo sebesar Rp 10.000.

Waroeng Kaligarong

Jika Anda berkunjung ke Semarang, kurang lengkap jika tidak mencicipi kuliner khasnya. Waroeng Kaligarong hadir sebagai tempat wisata kuliner dengan sajian menu nusantara. Warung ini berlokasi di Jalan Mayjen D.I Pandjaitan nomor 64 dan juga di Jalan Majapahit nomor 330. Harganya cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 50.000.

Eling Bening

Tempat wisata Eling Bening terbilang masih baru di Semarang. Namun jangan salah, namanya telah populer dan banyak diminati oleh wisatawan. Lokasinya di Kecamatan Ambarawa, dengan harga tiket Rp 15.000. Di dalamnya terdapat restoran, kolam renang, taman outbond, meeting room, dll. Semuanya bisa dinikmati sekaligus melihat pemandangan alam yang menakjubkan.

Museum Kereta Ambarawa

Semarang juga memiliki museum kereta, yakni Museum Kereta Ambarawa. Museum ini menampilkan sebuah kereta uap kuno pada zaman Belanda yang bisa disewa untuk mengelilingi wilayah Ambarawa. Objek wisata ini sekaligus sebagai sarana edukasi bagi Anda dan keluarga. Harga tiket masuk cukup dengan Rp 10.000 untuk dewasa, dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

Benteng Pendem Ambarawa

Pada awalnya Benteng Pendem Ambarawa bernama Fort Willem I. Tetapi warga sekitar lebih akrab dengan sebutan Benteng Pendem yang memiliki arti benteng yang terpendam. Benteng ini telah berusia satu abad lebih. Meski terlihat tidak terawat, namun justru inilah yang membuat daya tarik bagi pengunjungnya. Kesan eksotis bisa didapat dengan berfoto di depan benteng.

Dusun Semilir

Nama lengkapnya yakni Dusun Semilir Eco Park, lokasinya berada di jalan utama Semarang-Ambarawa. Tempat wisata ini menyuguhkan bangunan arsitektur yang sangat unik, cocok buat Anda yang hobi foto-foto. Di dalamnya terdapat taman dan spot foto yang instagramable, serta resto untuk tempat bersantai menyantap kuliner. Harga tiket masuknya cukup Rp 5.000 saja.

Klenteng Sam Poo Kong

Sam Poo Kong sebenarnya adalah sebuah klenteng atau tempat ibadah. Namun karena bentuk bangunannya yang menarik sehingga banyak pengunjung yang berwisata di Sam Poo Kong. Lokasinya ada di daerah Simongan, Semarang Barat. Meski dijadikan tempat wisata, namun ada satu tempat yang khusus untuk ibadah saja, sehingga ditutup untuk umum.

Pagoda Avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara disebut juga dengan Vihara Buddhagaya, merupakan tempat ibadah bagi umat Budha. Selain tempat ibadah, vihara ini juga bisa dijadikan tempat wisata. Bangunannya yang khas dan unik menjadi daya tarik sendiri bagi para pengunjungnya. Lokasinya ada di Watugong, dengan tiket masuk gratis. Anda hanya perlu menyiapkan uang untuk parkir saja.

New Sabana di Rawa Pening

Lokasi ini sebenarnya adalah sebuah danau, namun telah mengering dan ditumbuhi tanaman rumput liar seolah seperti sabana atau padang rumput. Anda bisa berfoto dengan latar  pemandangan Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, dan Gunung Ungaran. Lokasi ini ramai dikunjungi saat musim kemarau saja, karena setelah hujan akan terbentuk danau kembali.

Watu Gunung

Watu Gunung merupakan lokasi wisata yang berlokasi di Ungaran Barat. Di sana Anda bisa berendam atau berenang di kolam dengan panorama Gunung Ungaran. Yang menjadi daya tarik wisatawan adalah udaranya yang sejuk dan tenang, sehingga membuat wisatawan bisa bersantai sejenak melupakan kesibukan sehari-hari.

Kebun Teh Medini

Semarang juga memiliki perkebunan teh yang tidak kalah indahnya. Dengan hamparan pohon teh yang luas, serta udara yang sejuk membuat wisatawan akan betah berlama-lama di sana. Lokasinya ada di ketinggian 1.500 mdpl, tepatnya di perbukitan Pegunungan Ungaran. Selain berfoto atau sekadar jalan-jalan, Anda juga bisa mendirikan perkemahan di sana.

Lawang Sewu

Jika Anda berkunjung ke Semarang, sepertinya tidak boleh melewatkan tempat wisata yang satu ini. Lawang Sewu merupakan bangunan bersejarah pada masa penjajahan Belanda. Di sana Anda bisa berfoto sekaligus belajar banyak tentang sejarah Lawang Sewu. Di dalamnya juga terdapat museum kereta api kuno.

Kota Lama

Kota Lama menjadi salah satu wilayah paling ramai di Semarang. Dengan banyaknya bangunan-bangunan khas jaman Belanda, membuat pengunjung tertarik untuk sekadar berfoto-foto maupun jalan-jalan. Di sana juga banyak taman-taman, jajanan khas Semarang, serta spot-spot foto yang isntagramable. Kawasan ini akan lebih ramai saat sore hari.

Gereja Blenduk

Salah satu ikon di kawasan Kota Lama Semarang adalah Gereja Blenduk. Gereja ini memiliki keunikan dengan gaya bangunannya yang klasik dan unik. Gereja ini juga disebut sebagai Gereja tertua di Jawa Tengah. Para pengunjung sering menghabiskan waktu di Gereja Blenduk dengan berfoto-foto. Tetapi tidak diperbolehkan masuk selain untuk ibadah bagi umat kristiani.

Simpang Lima

Siapa yang belum pernah ke kawasan Simpang Lima? Tempatnya berupa lapangan yang berada di pusat Kota Semarang. Saat sore hingga malam, lokasi ini selalu ramai oleh pengunjung. Banyak terdapat persewaan mainan seperti becak lampu, sepeda lampu, odong-odong, dll. Selain itu Anda juga bisa bersantai menyantap aneka kuliner yang ada di sekitarnya.

Taman Tabanas

Taman Tabanas yaitu sebuah taman yang berada di atas perbukitan. Tempat ini akan lebih ramai oleh pengunjung saat sore hingga malam hari. Karena di malam hari pengunjung dapat melihat keindahan lampu kota yang terlihat seperti bintang-bintang. Anda bisa sambil menyantap makan malam dengan nyaman. Tiketnya gratis, Anda hanya perlu bayar parkir saja.

Kampung Pelangi

Kampung Pelangi awalnya hanyalah perkampungan kumuh di Semarang. Namun kemudian disulap menjadi “pelangi”, karena seluruh tembok rumah dicat dengan warna-warna yang cerah dan berbeda setiap sisinya. Karena pemandangan yang indah ini banyak para pengunjung yang berfoto-foto di sana. Khususnya para remaja yang gemar memposting foto di instagram.

Apakah sudah ada gambaran akan berkunjung ke tempat wisata yang mana? Anda bisa memilih tempat wisata di kawasan perbukitan, pusat kota, maupun pantai. Apapun pilihan tempat wisata Anda, semoga dapat memberikan pengalaman yang seru untuk Anda dan keluarga.

 

Gravatar Image
Latest posts by Travel Advisor - Editor Staff (see all)

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of